freshGrace

Selalu Ada Permulaan

Bacaan: Kejadian 1: 1-2

“Pada mulanya [Tuhan] menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh [Tuhan] melayang-layang di atas permukaan air.”
 
Oleh: Hatta Halimas

Penghakiman dan Penghukuman. Keputusasaan. Rasa malu dan rasa bersalah. Ketidak-berharapan. Pernahkah Anda mengalami gejolak-gejolak tersebut di dalam hari-hari Anda? Keluarga yang penuh tuntutan. Kondisi ekonomi yang berada di ambang krisis. Kesalahan-kesalahan yang menghantui melalui keadaan di sekitar. Entah bagaimana, Anda merasa tiba-tiba terjebak di dalam situasi seperti ini dan merasa begitu tak berpengharapan.

Teman baik saya selalu merenungkan sebuah ayat yang sama dalam menghadapi berbagai masalahnya, “Pada mulanya Tuhan menciptakan langit dan bumi.” Apapun pergumulan yang dihadapinya, ia akan selalu kembali kepada ayat tersebut. Suatu saat, saya bertanya, ‘apa hubungannya ayat tersebut dengan kondisi yang sedang kamu hadapi?’ Coba tebak apa jawabannya, sama sekali tidak ada hubungannya. Ayat tersebut sama sekali tidak menolong dalam menyelesaikan masalahnya. Tapi apa yang tidak diketahui oleh saya adalah ayat itu selalu menolongnya untuk mengingat apa yang dapat Tuhan lakukan.

Dalam lembah kelam, kekosongan dan kekusutan hidup–yang terjadi di sekeliling kita, Tuhan hadir dan membuat sebuah karya yang menakjubkan. Ia menciptakan kebaikan bahkan melalui hal-hal yang tampaknya bukan apa-apa. Ia menarik segala sesuatu dari sebuah kehampaan dan menjadikannya hidup. Merasa berada di jalan yang buntu? Sedang ada di tengah kefrustrasian? Dosa-dosa Anda terlalu besar dan mengerikan? Berpikir bahwa keputusasaan merupakan satu-satunya pilihan tersisa? Anda tidak perlu menemukan ayat yang tepat untuk kondisi-kondisi yang sedang terjadi. Anda hanya perlu mengizinkan Firman Tuhan–apapun ayatnya– mengingatkan Anda kepada apa yang dapat Dia lakukan.

Saat semesta tidak memiliki apapun, Tuhan sanggup mengadakan kehidupan. Di tengah-tengah kekacauan, kekosongan dan kegelapan hidup, Anda dapat mempercayai Tuhan dan apa yang dapat dilakukan-Nya. Mengapa? Karena Dia selalu sanggup untuk membuat permulaan yang baru di dalam kehidupan Anda.

Pesan Kabar Baik: APAPUN YANG TERJADI DI SEKELILING, TUHAN SELALU SANGGUP UNTUK MENGADAKAN PERMULAAN YANG BARU BAGI ANDA.

Add Comment

Klik sini untuk komentar